Orisinalitas

Seperti yang dikemukakan O henry, “Nothing new under the sun”. Quote-nya itu menandakan bahwa di dunia ini tidak ada sesuatu yang benar-benar baru. Kebaruan adalah ketiadaan. Hal ini dapat kita kaitkan dalam konteks pembicaraan seputar penciptaan suatu karya. Sebagai contoh ada seorang penulis yang menciptakan novel terbarunya. Penulis itu beranggapan bahwa cerita yang ada di dalam novelnya benar-benar orisinil hasil buah karya pemikirannya yang belum pernah dibuat oleh penulis lain sebelumnya. Namun, ternyata ada unsur–meski tidak semua–yang ternyata berkaitan dengan novel lain yang dibuat sebelum novelnya terbit. Kita dapat menyebutnya terinsprirasi, keberpengaruhan, epigon (mengekor/mengikuti gaya), atau kasarnya plagiat.

Baru bukan berarti sesuatu yang belum pernah ada, tapi baru berarti mampu mengombinasikan sesuatu yang ada dengan baik, bukan plagiat. Dan yang paling penting adalah mampu membuat karya yang dibuat menjadi kebanggaan milik dirinya. Seperti kata Jason Mraz dalam salah satu judul lagunya, yaitu, “make it mine“.
Jadi, lupakan bahwa karya anda hadir atas bayang-bayang karya lain. Yang harus anda lakukan adalah bagaimana anda dapat “memiliki” karya anda.
Dalam menciptakan sebuah karya, keberpengaruhan ataupun terinspirasi bukanlah merupakan sesuatu yang melanggar norma hak cipta. Bahkan, epigon pun tidak melanggar norrma-norma hak cipta. Yang dilarang adalah plagiarisme.

Jadi, masihkah anda dengan bodohnya berkutat dengan pikiran untuk menciptakan karya yang murni belum pernah dibuat sebelumnya? Atau justru anda memilih cara yang lebih cerdas dengan menambah pengetahuan dari berbagai karya yang ada lalu meramunya kembali sebagai karya baru?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s