Aku Ada, Aku Berpikir

Cogito ergo sum. Ungkapan Descartes, Filsuf Perancis itu, membuat aku sadar bahwa realita tentang diri seorang manusia sebenarnya ada di dalam pikirannya sendiri, bukan dalam tindakan, kata-kata, serta bentuk lain yang dapat kita lihat mau pun kita dengar di dalam hidup kita.

Seseorang tidak akan pernah tahu seperti apa sebenarnya seorang temannya yang ada di sekelilingnya. Tindakan atau pun kata-kata belum tentu merefleksikan bagaimana orang itu sebenarnya. Namun, pikiranlah yang mencerminkan orang itu seperti apa.

Pikiran mengendalikan kita. Namun, kadang-kadang tidak semua yang ada di dalam pikiran kita dapat terwujud dengan tindakan atau pun kata-kata yang sejalan dengan pikiran kita itu.

Kita, manusia sesungguhnya mempunyai dunia realita yang lebih realita dari dunia yang selama ini kita singgahi. Dunia itu adalah dunia ide, pikiran. Seseorang seperti apa kita sebenarnya, itu semua dapat terjawab dari pikiran kita. Makanya nggak ada orang yang benar-benar mengenal orang lain dengan sebenar-benarnya. Siapa yang tahu pikiran orang? Itulah manusia. ABSURD.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s