Berikanlah Hadiah yang Berguna Bagi Bangsa, Tak Sekadar Follow Back Saja

Pagi tadi, twitter sempat digegerkan dengan pembicaraan seputar akun @IstanaRakyat yakni akun resmi Istana Kepresidenan RI. Akun ini mulai muncul sebelum akun @SBYudhoyono memperkenalkan dirinya di dunia twitter pada tanggal 13 April 2013 lalu. Pemicu ramainya linimasa dengan mention akun @IstanaRakyat adalah karena akun tersebut mengadakan kuis yang hadiahnya berupa follow back dari akun tersebut. Padahal seharusnya ekspektasi hadiah bagi akun yang verified itu amat sangat lebih daripada sekadar follow back. Harusnya, hadiah yang ditawarkan dapat lebih berguna bagi followers-nya, apalagi jika memang akun ini memiliki visi misi dan juga image “untuk rakyat”. Yang membuat akun ini juga dikomentari banyak orang adalah pertanyaan kuisnya yang tidak berbobot. Pertanyaannya yakni “Nama Kiki (admin) diambil dari …” Entah apa yang ada di pikiran adminnya hingga melontarkan pertanyaan seperti itu, seolah-olah kok kesannya kekanak-kanakan sekali akun tersebut membuat kuis. Berikut screenshot #quizfolbek akun tersebut.

Image

Ada begitu banyak komentar yang menyeruak dengan gaya bahasa sinis hingga humoris yang mengkritik akun resmi tersebut. Ada pula komentar-komentar positif dengan kritik yang membangun bagi akun tersebut agar ke depannya lebih cerdas dalam menyajikan konten. Saya pun ikut mengomentari akun tersebut. Saya pikir seorang admin akun yang verified seperti itu harusnya memiliki pengetahuan seputar social media yang menyangkut penyajian konten, key message, image building, etika, dan lain-lain. Jadi adminnya tidak sekadar bisa mengoperasikan twitter saja, tetapi yang tahu bagaimana strategi menggunakan social media dengan bijak dan efektif sehingga penyampaian pesannya pun tepat sasaran dan sesuai dengan tujuannya. Adminnya harus memperkaya pengetahuan yang bisa dibantu dengan membaca buku seputar social media, atau memonitori aktivitas social media supaya tahu bagaimana penyajian konten dan penyampaiannya. Yang tak kalah penting, si admin harus bisa merespon dan menanggapi berbagai masukan, kritik, atau bahkan ekstremnya hujatan dengan sebijak mungkin.

Saya memang bukan seorang social media strategist, namun saya pun paham bahwa konten tweet akun @IstanaRakyat seolah kok tidak matang, layaknya konten ABG yang nge-tweet. Jangan sampai hal tersebut malah meruntuhkan image dan tujuan awal yang ingin dibangun akun tersebut karena krusialnya itu adalah akun kenegaraan.

Alhasil karena penyajian konten yang kurang tepat itulah banyak orang yang justru mengira bahwa akun @IstanaRakyat hanya akun parodi, palsu

Sampai sore hari, saya masih mengecek timeline akun tersebut. Ternyata, tweet dari akun tersebut tak lagi ada yang menyinggung mengenai #quizfolbek. Adminnya tak lagi menampilkan hashtag #quizfolbek di berbagai tweet-nya, melainkan dialihkan topiknya menjadi berbagai retweet akun @SBYudhoyono dan juga review seputar Istana Cipanas. Pengalihan topik itu disinyalir untuk meredam ricuhnya komentar #quizfolbek. Namun, menurut saya alangkah bijaknya dan seharusnya memang admin segera mengklarifikasi masalah #quizfolbek kepada tweepsTak lama kemudian saya melihat tweet dari orang lain yang menyebutkan bahwa admin yang mem-posting #quizfolbek sedang disidik dan ditelisik. Semoga saja cepat ada klarifikasi dari admin yang mem-posting #quizfolbek itu.

Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi akun verified @IstanaRakyat untuk memperbaiki kontennya. Untuk berbagai akun yang berbau kenegaraan lain juga semoga dapat belajar bahwa social media punya sisi positif dan negatif yang sangat sensitif, terlebih lagi untuk akun-akun besar yang dipandang oleh masyarakat. Jadi, dalam mengolah kontennya memang mesti hati-hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s