Konsumsi Buah di Waktu yang Tepat, Banyak Manfaat

Buah sering kita temui sebagai makanan pencuci mulut. Budaya menyantap makanan kita memang membiasakan kita memakan buah setelah menyantap menu utama. Seolah dari dulu memang sudah seperti itu. Bahkan ada yang bilang “Makan nasi dulu baru makan buah, nanti sakit perut” atau “Pagi-pagi kok makan buah?”.

Sebenarnya anggapan-anggapan tersebut salah. Justru menurut kesehatan, buah akan lebih memberikan manfaat kalau dimakan sebelum menyantap makanan utama. Bahkan, makan buah di pagi hari justru dianjurkan. Lantas mengapa? Mari simak manfaat-manfaatnya!

  1. Kadar Gula Darah Meningkat Cepat

Saat perut kita kosong, kadar gula darah bisa meningkat lebih cepat. Gula memiliki dua tipe, yakni gula sederhana dan gula kompleks. Gula sederhana terkandung pada buah-buahan dan madu yang bisa menyehatkan. Sementara itu, gula kompleks terkandung pada nasi, gula pasir, beserta makanan olahan lainnya yang tidak menyehatkan. Itulah mengapa makanan yang mengandung gula kompleks tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Bisa dibayangkan betapa sehatnya kadar gula yang ada di dalam buah-buahan. Jika dikonsumsi di pagi hari, buah tentu akan jadi sumber tenaga yang baik untuk memulai hari kita.

 

  1. Menyerap Nutrisi Penting

Pada saat perut kosong, tubuh kita akan menyerap nutrisi lebih sempurna. Di sini, penyerapan vitamin dan nutrisi-nutrisi penting di dalam buah akan jauh lebih sempurna karena perut kita belum tercampur oleh zat-zat lain, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Zat-zat itulah yang menghambat penyerapan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada buah.

 

  1. Mengurangi berat badan

Memakan buah sebelum menyantap menu utama efektif untuk membantu diet Anda. Saat kita memakan buah, otomatis kadar gula di dalam tubuh kita meningkat. Itulah yang akan membuat perut merasa kenyang. Jadi, porsi makan tentunya akan berkurang.

 

Waktu terbaik memakan buah memang saat perut masih kosong, yakni pada pagi hari dan sebelum menyantap makanan utama. Namun, kita pun tidak bisa asal memakan buah saja. Untuk penderita maag dan asam lambung tinggi, tetap harus berhati-hati. Saat perut kosong, hindari makan buah yang punya kadar asam tinggi. Terlebih lagi ketika kondisinya kita sama sekali tidak makan malam. Itu jelas akan membuat perut sakit.

Menjalani gaya hidup sehat memang bukan hal yang sulit. Kita bisa memulainya dengan pola makan yang teratur dalam waktu yang tepat. Go healthy!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s