Indonesian Educators Collaborative First Gathering

Aku orangnya senang belajar. Bertemu orang baru adalah salah satu cara aku  untuk belajar. Makanya, aku senang banget ikut komunitas di bidang yang aku suka dan ikut macam-macam seminar atau diskusi. Tapi, sebetulnya ilmu bisa kita dapat dari mana saja dan dari siapa saja. Buktinya, aku pernah mendapat pelajaran yang sangat berharga dari seorang supir taksi, seorang kakek tua, bahkan seorang pemulung.

Kamis kemarin, sehabis beres mengurusi rapor di sekolah, aku meluncur ke Tierspace, sebuah co-working space di daerah Senopati. Dari Cinere ke Senopati bukan jarak yang dekat memang, namun apalah artinya jarak dibanding ilmu dan pengalaman yang akan aku dapat. Begitulah harapan aku setelah nantinya gathering dengan para guru dari sekolah lain.

Acara gathering ini digagasi oleh Bapak Songky dan Darel. Mereka sebetulnya berasal dari sebuah sekolah yang sama, yakni Mentari School. Namun, tanpa mengatasnamakan sekolah tersebut, Pak Songky dan Pak Darel membuat sebuah discussion grup yang harapannya menjadi sebuah payung untuk guru-guru bertemu dan sharing berbagai hal seputar pendidikan, keguruan, dan juga parenting. Discussion grup itu akhirnya mereka beri nama Indonesian Educators Collaborative.

Di sini, kami percaya bahwa sebetulnya ilmu tak melulu harus didapat dari training, seminar, atau pun acara-acara besar lain yang gak nyantai. Justru malah tidak jarang kalau training atau seminar tidak relevan, malah buang-buang duit (pengalaman diri sendiri).

Kami di sini ingin sesama guru saling berbagi untuk meng-upgrade skill masing-masing, karena kami percaya sebetulnya ilmu-ilmu itu ada di kami semua, dan jika dikumpulkan lalu di-share akan jadi ilmu yang luar biasa. Jadi, yang kita butuhkan bukan gedung mewah, pembicara terkenal, dan makanan enak, tetapi duduk bareng, terus ngobrol santai. Simpel kan?

Percayalah, kalau kita gak mau upgrade skill, kita ga akan maju-maju dan akan ketinggalan sama perkembangan zaman yang semakin cepat. Kenapa akhirnya aku dan teman-teman lain ikut gabung di sini ya alasannya karena itu. Sebagai guru, kami ingin meningkatkan etos kerja, kapabilitas, dan kredibilitas dengan cara terus menerus upgrade skill.

Pak Darel cerita, kalau di Indonesia mungkin guru tidak sebegitu dihargainya, bahkan guru digaji dengan gaji yang sedikit. Tapi, kalau di Australia, guru sangat dihargai sekali. Kenapa? Mungkin karena skill kita memang tidak semumpuni mereka. Jangan pernah minta digaji besar kalau ternyata skill kita belum sampai untuk digaji besar, apalagi kalau etos kerjanya melempem. Jadi, ya yang bisa dilakukan adalah belajar, meningkatkan kapabilitas dan etos kerja.

Aku pikir sih memang wajar kalau kita mengeluh soal gaji yang kecil. Tapi, kalau gak dibarengi dengan peningkatan kualitas diri, semua keluh kesah itu memang cuma jadi bullshit.

Aku sadar kalau aku belum jadi guru yang terbaik buat anak-anak aku. Di sini aku mencoba untuk memantaskan diri jadi pendidik yang sebaik-baiknya buat anak murid aku. Makanya, sebisa mungkin aku dapat banyak ilmu untuk upgrade skill aku. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang senantiasa belajar dan mengamalkannya.

Pertemuan pertama di Indonesian Educators Collaborative ini memang masih diisi oleh perkenalan satu sama lain. Kami semua berbagi pengalaman kami selama kami jadi guru. Semua cerita-cerita yang mereka sampaikan begitu menarik. Baru sesi berkenalan saja aku sudah banyak dapat ilmu dari mereka.

Ya semoga di pertemuan selanjutnya kami semakin asyik berbagi ilmu. Semoga hal positif seperti ini juga bisa dapat respon positif dari banyak orang, terutama di kalangan guru.

 

Leave a Reply

